Kamis, 18 Februari 2021

Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021 yang Sangat Penting Bagi Masyarakat

 


Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021 yang Sangat Penting Bagi Masyarakat - Tahun 2021 baru saja dimulai pemerintah nampaknya sudah memiliki PR yang cukup banyak. Berbagai bencana alam terutama pandemi virus covid 19 terus berlangsung hingga detik ini. Banyak faktor yang menjadi pemicu terjadinya hal-hal yang cukup menegangkan tersebut.

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh perangkat desa setempat ialah memaksimalkan penggunaan dana desa yang dianggarkan untuk tahun 2021. Hal ini akan membantu itu banyak masyarakat meskipun bersifat lokal untuk 1 desa saja. Setidaknya jika pemaksimalan uang yang ada di desa bisa lebih baik maka desa lainnya bisa melakukan hal yang sama.

Penggunaan danadesa 2021 memiliki prioritas khusus terutama dalam menangani bencana yang ada di Indonesia. Sebagai masyarakat Anda juga perlu mendukung prioritas ini dan bisa berpikir logis terhadap kebijakan perangkat desa. Dengan memaksimalkan penggunaan uang yang ada di perangkat desa maka masyarakat bisa bertahan hidup.

Untuk tahun 2021 ini terdapat prioritas utama yang harus dimaksimalkan dengan menggunakan dana desa. Meskipun sudah memiliki program lain berupa infrastruktur atau sejenisnya namun terdapat beberapa prioritas penting dalam menggunakan dana yang ada di desa.

Pemulihan Ekonomi

Hal pertama yang menjadi prioritas tentunya ialah dari segi ekonomi masyarakat. Banyak masyarakat yang kehilangan sumber penghasilan akibat pandemi virus covid-19 atau jenis bencana lain yang terjadi sebelumnya. Perangkat desa bisa memprioritaskan hal ini dengan memberikan program bantuan maupun pelatihan untuk meningkatkan perekonomian.

Dana tersebut juga bisa digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan badan usaha milik desa atau BUMDes. Dana desa 2021 ini bisa digunakan untuk memperbaiki badan usaha yang ada di desa sehingga masyarakat bisa tetap menjadi bagian dari usaha tersebut. Selain itu hal tersebut juga akan membuat hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Pemetaan Potensi dan Sumber Daya

Berikutnya hal yang menjadi prioritas dalam penggunaan dana yang ada di desa ialah pemetaan potensi dan sumber daya yang ada di desa tersebut. Jika pemetaannya tepat maka banyak hal yang bisa lebih diperbaiki dan mengalami peningkatan terutama dalam segi ekonomi. Jika potensi daerah bisa terus diperbaiki maka banyak hal positif yang akan diterimanya.

Misalnya bantuan dari pemerintah pusat bisa turun untuk membantu mengembangkan potensi daerah baik dari segi wisata ataupun lainnya. Selain itu, dengan menggunakan dana desa 2021 ini maka banyak potensi yang akan muncul khususnya membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Adaptasi Kebiasaan Baru

Semenjak adanya covid 19 di Indonesia masyarakat dituntut untuk mampu beradaptasi terhadap kebiasaan baru di tengah pandemi. Untuk membantu masyarakat lebih bisa beradaptasi terhadap kebiasaan baru ini perangkat desa harus turun tangan. Dengan menggunakan dana desa maka pihak tersebut bisa memberikan dukungan untuk kebiasaan baru.

Misalnya dengan menyediakan tempat cuci tangan yang lebih banyak, perbaikan sanitasi dan kebutuhan air, maupun dengan membantu masyarakat dalam segi ekonomi. Sebenarnya masih banyak lagi hal yang perlu dibenahi dan dilakukan dalam kebiasaan baru tersebut. Perangkat desalah yang berperan cukup penting dalam penggunaan dana desa 2021 tersebut agar lebih maksimal dalam bertahan melawan covid 19.

Kesehatan Masyarakat

Hal lain yang tak kalah penting dan menjadi prioritas utama ialah kesehatan masyarakat di sekitarnya. Covid 19 terus menghantui setiap masyarakat karena secara umum menyerang imunitas seseorang bahkan berakhir dengan kehilangan nyawa. Dana desa yang ada bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas dan kesehatan masyarakat.

Contohnya bisa dengan memberikan beberapa kebutuhan penunjang kesehatan seperti vitamin atau yang lainnya. Perangkat desa juga bisa menggunakan dana desa 2021 ini untuk program pemeriksaan maupun pengobatan secara gratis bagi masyarakat. Apalagi saat ini masyarakat semakin ragu bahkan tidak ingin memeriksakan maupun melakukan pengobatan akibat adanya pandemi.  

Demikianlah beberapa contoh penggunaan dana desa yang bisa menjadi prioritas utama di tengah masyarakat desa. Masyarakat dan perangkat desa diharapkan menjalin kerjasama yang baik dalam pelaksanaan setiap program guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab penggunaan dana desa 2021 yang lebih maksimal akan membantu mewujudkan hal tersebut.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar