Senin, 08 Februari 2021

Manfaat Mengonsumsi Buah Durian Untuk Kesehatan

 


Buah durian sangat terkenal dengan aroma khasnya yang cukup tajam dan dagingnya yang lembut dan legit di mulut sehingga banyak orang yang menyukainya. Selain bisa langsung dimakan, buah durian ini juga bisa dinikmati dengan dijus, dicampukan dengan es, atau menjadi olahan makanan lainnya.

Selain enak dikonsumsi, buah durian juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebab buah durian ini memiliki beragam nutrisi, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan coba membahas tentang manfaat mengonsumsi buah durian untuk kesehatan sebagai berikut ini :

  1. Menguatkan Tulang

Manfaat buah durian yang pertama adalah menguatkan tulang. Hal ini dikarenakan buah durian kaya akan kandungan kalsium, kalium dan vitamin B. Yang mana, semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Karena kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang.

Bahkan ada sebuah penelitian yang mengungkapkan, bahwa orang-orang yang tidak mengonsumsi kalsium yang cukup sebelum usia 20-25 tahun, akan memiliki risiko jauh lebih tinggi terkena osteoporosis (tulang rapuh) di kemudian hari.

  1. Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah durian selanjutnya adalah dapat membantu sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Imun tubuh ini akan melindungi tubuh dari pengaruh berbahaya dari lingkungan.

Selain itu, vitamin C juga sangat baik untuk melawan berbagai macam penyakit, seperti flu, merangsang penyembuhan luka, serta meningkatkan aliran darah. Bahkan, kulit durian yang teksturnya cukup mengerikan ini ternyata mengandung senyawa yang memiliki sifat anti-ragi dan antibakteri.

Bukan hanya itu, kalium juga menentukan tekanan darah.

  1. Mempertahankan Tingkat Tekanan Darah

Manfaat buah durian lainnya adalah dapat mempertahankan tingkat tekanan darah. Hal ini dikarenakan durian merupakan sumber potasium yang sangat diperlukan untuk menjaga kadar natrium tubuh. Dengan mengonsumsi durian secara teratur dapat menangkal hipertensi serta kondisi medis terkait.

Selain itu, buah durian ini juga merupakan sumber kalium yang sangat tinggi. Kalium ini sendiri merupakan bagian integral dari keseimbangan garam dan cairan di seluruh sel tubuh.

  1. Menyehatkan Reproduksi

Tenyata buah durian juga sangat bermanfaat untuk kesehatan alat reproduksi. Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa buah durian ini mengandung kadar estrogen yang cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa kadar estrogen ini sangat penting bagi kesuburan wanita. Selain itu, buah durian ini juga bisa meningkatkan libido dan stamina seksual.

  1. Sumber Energi

Dalam 100 gram buah durian ini dapat memberikan sekitar 21% dari kebutuhan karbohidrat harian. Selain itu, buah durian ini juga kaya akan sumber karbohidrat sehingga bisa membantu dalam mengisi kembali tingkat energi pada tubuh.

Seperti yang diketahui bahwa karbohidrat ini sangat bemanfaat dalam menyediakan energi untuk keperluan aktivitas sehari-hari maupun olahraga. Sehingga durian ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan sebelum berolahraga. Dengan mengonsumsi durian sehingga membuat anda menjadi lebih kuat selama berolahraga.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah durian yang yang terakhir adalah dapat melancarkan pencernaan. Durian ini mengandung serat yang tinggi. Sehingga dapat mengatasi sembelit dan meningkatkan kekuatan pencernaan. Selain itu, durian ini juga mengandung thiamin dan niasin yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan dan daya pencernaan.

Wah ternyata buah durian ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan ya? Nah, agar tubuh anda selalu sehat alami maka anda bisa coba mengonsumsi buah berduri yang satu ini.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar