Selasa, 26 Januari 2021

Syarat Pengajuan Pinjaman KUR Mandiri

  


PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. di tahun 2021 ini memperoleh jatah KUR sebesar 31 triliun rupiah dari pemerintah Indonesia. Jumlah KUR Bank Mandiri di tahun 2021 ini meningkat dibandingkan plafon tahun lalu sebesar 24,5 triliun rupiah. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah KUR, KUR adalah singkatan dari Kredit Usaha Rakyat, yaitu kredit atau pembiayaan yang dilakukan oleh pemerintah melalui pihak bank dan diperuntukan bagi usaha-usaha menengah ke bawah.

Bank Mandiri memiliki 4 jenis KUR yang ditawarkan kepada masyarakat umum. Dilansir dari website resmi, jenis KUR yang ditawarkan diantaranya adalah KUR Mikro, KUR Ritel, KUR TKI dan juga KUR Khusus. Bagi sobat Cicilan.id yang ingin mengetahui persyaratan pengajuan pinjaman KUR Mandiri, yuk simak artikel ini!

KUR Mikro

KUR Mikro Bank Mandiri menawarkan limit kredit untuk masyarakat umum hingga maksimal 25 juta rupiah per debitur. Jangka waktu pinjaman (tempo) KUR Mikro yaitu maksimal 24 bulan. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi debitur diantaranya adalah:

  1. Individu atau perorangan yang sudah memiliki usaha aktif minimal selama 6 bulan;
  2. Warga Negara Indonesia yang berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun;
  3. Sedang tidak menerima kredit dari lembaga peminjam lain;
  4. Calon debitur bukan kriminal dan tidak termasuk dalam daftar hitam bank Indonesia;
  5. Melengkapi dokumen administrasi: KTP, KK, surat nikah atau cerai, pas foto 4x6 suami dan istri, surat keterangan usaha dan jaminan sesuai besaran pinjaman.

KUR Ritel

KUR Ritel adalah KUR yang cocok bagi sobat Cicilan.id yang membutuhkan pinjaman dengan jumlah yang lebih besar dari 25 juta rupiah. KUR Ritel Bank Mandiri menawarkan kredit dengan nominal dari 25 juta rupiah hingga 200 juta rupiah kepada para pemilik usaha. Jangka waktu maksimal tenor untuk kredit modal kerja yaitu 3 tahun dan untuk kredit investasi yaitu  maksimal 5 tahun. Syarat yang diberikan sama saja dengan KUR Mikro namun ada beberapa tambahan syarat yang wajib Anda penuhi:

  1. Untuk peminjam dana lebih dari 50 juta rupiah, wajib memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak.

KUR TKI

KUR TKI Bank Mandiri diberikan kepada calon TKI yang akan pergi ke luar negeri dengan maksimal pinjaman sebesar 25 juta rupiah. KUR TKI dapat diambil hanya untuk yang akan bekerja ke negara terdaftar seperti Hongkong, Singapura, Brunei, Korea Selatan, Taiwan, Jepang dan Malaysia. Untuk mengajukan KUR TKI, berikut pesyaratannya:

  1. WNI berusia minimal 21 tahun dibuktikan dengan identitas diri (KTP, Akte Kelahiran) atau 18 tahun dengan menyerahkan surat izin dari suami/istri/orangtua/wali untuk bekerja ke luar negeri;
  2. Memiliki surat kontrak kerja minimal 2 tahun dengan pengguna jasa bagi pekerja yang ditempatkan oleh PPTKIS, Pemerintah atau TKI yang bekerja secara perseorangan;
  3. Menyerahkan dokumen administrasi seperti paspor dan visa serta lolos proses pengecekan.

KUR Khusus

KUR Khusus Mandiri dikhususkan hanya bagi kelompok tertentu yang memiliki usaha di bidang peternakan, perkebunan dan perikanan. Maksimal pinjaman yang diberikan oleh Bank Mandiri yaitu sebesar 500 juta rupiah.

Itulah syarat dan dokumen yang harus dipenuhi calon debitur untuk mendapatkan KUR dari Bank Mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar