Selasa, 26 Januari 2021

Pintar Bersembunyi, Berikut Cara Menemukan Lokasi Tempat Tikus Bersarang

 


Tahukah Anda bahwa salah satu alasan mengapa tikus selalu lolos jebakan adalah karena salah meletakkan perangkap? Tikus adalah hewan pengerat yang pintar bersembunyi. Bahkan lokasinya kadang berpindah karena tahu letak jebakan. Lalu dimana tempat yang tepat untuk alat perangkap tikus? Berikut adalah cara identifikasi dan lokasi yang paling banyak dihuni tikus.

Lokasi Yang Paling Banyak Dihuni Oleh Tikus

1. Lubang Dinding

Dinding yang memiliki rongga adalah rumah tikus yang paling umum. Biasanya, tembok dinding yang terbuat dari tripleks atau kayu akan memiliki lubang tikus. Hal ini dikarenakan hewan pengerat kecil tersebut punya gigi yang sanggup mengoyak kayu dan plastik. Alhasil, mereka pun mendapat akses untuk masuk dan bersarang di dalam dinding.  

Salah satu alasan tikus suka dengan tembok adalah akses yang sangat mudah, udara yang lebih terjamin, suhu, dan lokasi yang lebih dekat dengan sumber makanan. Pada umumnya, tembok yang dijadikan sarang pun berada jauh dari jangkauan penghuni rumah. Sehingga tidak begitu tampak. Anda bisa melihat tanda ini melalui suara dan juga lubang tembok.

2. Atap Atau Loteng

Sama halnya dengan dinding, tikus juga bisa bersarang di atap atau loteng. Pada umumnya, loteng akan memiliki udara yang lembap dan juga lokasi yang sangat terpencil. Alhasil Anda pun harus meletakkan alat perangkap tikus di dekat akses mereka masuk loteng. Akses masuk loteng ini bisa saja melalui genteng, atau lubang di dekat pilar kayu.

Tikus sendiri punya kemampuan untuk memanjat dengan baik. Jadi tidak heran kalau Anda bisa menemukan tikus tersebut keluar masuk loteng dari pilar penyambung. Kayu kayu pada loteng sendiri juga berfungsi sebagai penghangat dan tempat bersarang. Terkadang Anda bisa  mengindikasi hal ini dari suara berisik dari loteng.

3. Di balik Brankas  

Brankas seperti lemari, meja, hingga kasur bisa dijadikan lokasi untuk tikus bersembunyi dan bersarang. Lebih tepatnya adalah di balik perabotan yang memiliki ruang kecil tersembunyi. Tikus memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, sehingga mereka bisa akses dan bersarang meski di daerah yang sangat sempit sekalipun.

Lokasi ini juga cenderung lebih dekat dengan sumber makanan. Aksesnya pun lebih mudah, meski rawan ketahuan dengan pemilik rumah. Anda bisa mengidentifikasi hal ini dari bau busuk, kotoran tikus, dan kerusakan perabot. Letakkan alat perangkap tikus seperti lem Cap Gajah di dekat lokasi tersebut agar efektivitas perangkap lebih tinggi. 

Itulah beberapa lokasi yang kerap dijadikan sarang tikus. Pada umumnya, hewan pengerat yang satu ini sangat suka dengan lokasi yang kotor, menjijikkan, dan tersembunyi. Lokasi seperti dinding, atap, atau di belakang brankas adalah favorit mereka. Anda bisa gunakan lem Cap Gajah sebagai perangkap yang praktis dan ampuh untuk digunakan di mana pun di dalam rumah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar