Selasa, 15 Desember 2020

Dampak Dari Orang Tua Yang Sering Membentak Anaknya

Bagi sebagian orang tua yang mempunyai anak, pasti saja ada tingkah laku dari anak yang membuat kita menjadi marah dah emosi. Tidak banyak orang tua juga yang akan marah pada anaknya. Cara orang tua marah ini tentunya berbeda-beda. Ada yang diam dan tidak banyak berbicara, hingga ada orang tua yang banyak berbicara hingga membentak anaknya. Tentu saja kedua cara tersebut akan memiliki dampak bagi anak tersebut, apalagi jika kamu sering membentaknya. Ini dia beberapa dampak yang akan terjadi pada anak jika mereka sering di bentak oleh orang tuanya seperti yang dilansir dari berita jawa tengah hari ini terbaru.

1.       Tidak akan belajar apa-apa

Dampak yang pertama adalah anak tersebut tidak akan berlajar apa-apa,banyak sekali orang tua diluar sana beranggapan jika mereka membentak anaknya maka anak tersebut akan nurut pada mereka. Walaupun memang ketika di bentak itu anak akan melakukan apa yang kamu perintahkan tapi hal tersebut dilakukan oleh anak karena d dasari oleh rasa takut mereka terhadap kamu. Jadi anak ini tidak belajar apa yang seharusnya dia lakukan.

2.       Tidak bisa memahami situasi gawat

Dampak yang kedua adalah anak tersebut tidak bisa memahami situasi yag gawat, yang di maksud di sini adalah anak ini tidak akan memahami jika dia ada di dalam keadaan yang gawat dan dia harus berhenti. tetai jika anak ini sudah sering mendapatkan bentakan dari orang tuanya nantinya anak ini akan sadar dengan sendiri mana keadaan yang memang gawat atau keadaan orang tuanya ketika sedang marah.

3.       Menjadi tidak percaya diri

Dampak yang ketiga ini anak tersebut akan menjadi tidak percaya diri, hal tersebut tentunya di sebabkan oleh bentakan itu sendiri, karena tentu saja akan menyakiti perasaan anak. Apalagi jika kamu sering membentaknya karena hal-hal yang kecil, maka anak ini akan berfikir bahwa mereka tidak berharga dan mereka pun menjadi tidak percaya diri.

4.       Mejadi tidak terbuka pada orang tua

Dampak yang ke empat adalah anak ini akan menjadi tidak terbuka pada orang tua, dampak yang satu ini akan di rasakan dalam jangka panjang jika orang tua terus menerus membentaknya, karena hal tersebut anak pun akan merasa tidak bebas jika dia bercerita pada orang tuannya. Anak juga bisa menjadi sangat tertutup dan tidak akan bercerita pada orang tua. Hal yang paling buruk adalah anak ini nantinya malah bisa lebih percaya pada orang lain,padahal orang lain ini bisa saja membawa anak tersebut ke hal-hal yang buruk.

5.       Menjadi kebal

Dampak yang ke lima adalah anak ini akan menjadi kebal, nah dampak yang satu ini adalah dampak yang paling sering tidak di sadari oleh para orang tua. Ketika kamu terlalu sering marah dan membentaknya anak tersebut akan menjadi kebal dan menganggap hal tersebut merupakan hal yang sangat biasa. Jadi jika anak sudah cuek ketika di bentak berarti anak tersebut sudah kebal.

Dampak-dampak tersebut tentunya bisa memengerahi kehidupan mereka di masa yang akan datang, selain itu anak yang sering di bentak ini juga akan memiliki sikap motoric yang tidak bagus seperti mejadi penakut, sangat muda menangis, bisa juga menjadi kasar, menjadi penyendiri, dan yang paling parahnya anak akan mengalami traumatic yang berkepanjangan. Jadi bagi kamu orang tua yang serig membentak anaknya sebaiknya kamu jangan sering melakukan hal tersebut ya, karena dampak yang di timbulkan memberikan dampak yang negatif untuk anak.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar