Rabu, 02 Desember 2020

Cara Screenshot di Laptop



Cara Screenshot di Laptop – Screenshoot atau tangkapan layar merupakan salah satu fitur yang dapat Anda nikmati dari smartphone ataupun laptop Anda. Screenshoot berarti gambar yang diambil pada layar laptop ataupun smartphone lainnya. Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa screenshoot hanya bisa dilakukan pada smartphone saja, namun Anda sangat salah sebab pada laptop juga bisa melakukan hal yang sama.

Car untuk melakukan screenshoot di laptop juga sangatlah mudah semudah Anda melakukan screenshoot di layar ponsel Anda. Tangkapan layar ini dianggap menjadi suatu hal yang sangat bermanfaat, sebab Anda bisa mengarsipkan sesuatu dalam bentuk gambar. Hal ini agar jika suatu hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap file atau data Anda maka Anda masih menyimpan arsip dalam bentuk gambarnya.

Berikut ini cara screenshot di laptop dengan sangat mudahnya, dan tentunya langkah serta caranya telah dirangkum dengan serapi mungkin agar Anda mudah memahami langkah-langkahnya.

Tombol Printscreen

Cara paling utama dan paling mudah untuk Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan salah satu tombol yang ada di keyboard yakni tombol printscreen. Yang berarti Anda akan melakukan screenshot untuk seluruh tampilan layar yang terbuka. Caranya cukuplah mudah

-Buka halaman yang akan Anda screenshot

-Kemudian Anda harus menekan tombol printscreen yang pastinya selalu berada di bagian kanan atas keyboard. Tombol ini juga biasanya dituliskan “PRTSC SYSRQ”

-Buka aplikasi paint ataupun pengolahan gambar lainnya, lalu tekan tombol Ctrl + V

-Gambar hasil tangkapan akan muncul lalu terakhir yang harus Anda lakukan adalah mensave hasil screenshot Anda pada penyimpanan yang Anda inginkan.

Tombol Windows +Printscreen

Bila cara yang pertama tidak berhasil untuk membantu Anda menscreenshot layar laptop Anda, maka Anda bisa mencoba cara kedua ini. Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan tombol windows +printscreen, cara ini digunakan apabila Anda ingin menangkap layar hanya pada full screen suatu halaman jadi bagian duluar halaman tidak akan ikut terambil dalam tangkapan layar, caranya juga cukup mudah.

-Masuk ke halaman layar yang ingin Anda screenshot

-Tekan tombol windows + printscreen secara bersamaan

-Masuk ke paint kemudian tekan tombol Ctrl+V, kemudian hasil tangkapan layar Anda akan masuk ke paint

-Langkah terakhir tugas Anda hanya harus mensave hasil tangkapan layar Anda tersebut.

Tombol Alt + Printscreen

Cara yang terakhir adalah cara untuk Anda yang ingin melakukan tangkapan layar untuk satu buah aplikasi atau halaman yang terbuka, misalnya pada setengah layar Anda membuka google, dan setengah layar Anda membuka ms. excel dan yang ingin Anda screenshot adalah google yang sementara aktif maka Anda tidak perlu memperbesar layar ataupun mencrop sebab dengan menggunakan tombol Alt+prinscreen maka akan membantu Anda.

Untuk caranya sendiri sama dengan 2 cara sebelumnya, tetapi yang berbeda hanyalah penggunaan tombol screenshot yang Anda gunakan.

Itulah beberapa cara screenshot di laptop yang dapat Anda coba lakukan, semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam melakukan tangkapan layar laptop. Bila Anda mencari informasi lainnya yang lebih lengkap maka Anda bisa mengakses link https://symbianplanet.net/ sebagai situs informasi terlengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar