Kamis, 10 September 2020

Profil Program Studi Teknik Elektro (S1)



(Ilustrasi: unsplash.com)

Ahli robotik merupakan salah satu pekerjaan yang keren dan menantang di era digital seperti sekarang ini. Untuk itu, bagi Anda yang berminat dan bercita-cita menjadi ahli robotik, perdalam ilmu Anda dengan kuliah di program studi Teknik Elektro terbaik.

Ngomong-ngomong, pekerjaan ahli robotik hanya satu dari sekian banyak prospek kerja dari program studi teknik elektro. Nah, salah satu perguruan tinggi yang menjadikan teknik elektro sebagai program studi di fakultas teknik adalah Universitas Bina Sarana Informasi atau UBSI.

Sekilas Tentang Universitas Bina Sarana Informasi atau Universitas UBSI

Belakangan ini, perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi swasta banyak mengalami peningkatan dalam segi kualitas. Beberapa di antaranya dapat dikatakan sebanding kualitasnya dengan perguruan tinggi negeri.

Salah satu dari perguruan tinggi swasta yang dimaksud tersebut adalah perguruan tinggi Universitas Bina Sarana Informasi. UBSI merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang masih muda usianya.

Program Studi Teknik Elektro di Jakarta ini baru diresmikan pada tahun 2018, tepatnya pada tanggal 3 Maret tahun 1988. Meskipun masih terbilang baru, tetapi banyak calon mahasiswa yang berminat untuk menjadi mahasiswa di UBSI.

UBSI menjadi perguruan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Bina Sarana Informatika yang memiliki banyak mahasiswa. Universitas yang berpusat di Kampus Kramat 98 Jl. Kramat Raya No 98. Senen, Jakarta Pusat ini memiliki lebih dari 130.000 mahasiswa aktif.

Mahasiswa tersebut meliputi lebih dari 84.000 laki-laki dan 66.000 perempuan yang tersebar di empat fakultas di UBSI. Dari keempat fakultas tersebut, dibagi lagi menjadi 44 program studi. Salah satunya program studinya adalah Teknik Elektro yang akan kita bahas selanjutnya

Oh iya, untuk memaksimalkan proses pembelajaran, UBSI telah menyiapkan dosen tetap yang berjumlah lebih dari 650 dosen. Standar pembelajaran yang digunakan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Rumusan Kurikulum Pendidikan Tinggi APTIKOM. Selain itu juga mengacu pada KKNI level 5.

Profil Lengkap Program Studi Teknik Elektro

Program studi Teknik Elektro merupakan program studi yang diharapkan mampu mempersiapkan sarjana yang memiliki pengetahuan cukup di bidang teknik elektro.  Lulusan Teknik Elektro juga diharapkan mampu mengembangkan keahlian yang dimiliki dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengikuti kemajuan ilmu.

Tak hanya itu, lulusan UBSI Teknik Elektro juga diharapkan memiliki kemampuan yang tinggi dalam melakukan inovasi di bidang energi listrik. Hal ini bertujuan agar mereka dapat mengelola energi listrik secara lebih efektif dan efisien.

Selain di bidang energi listrik, inovasi lain yang diharapkan yaitu di bidang isyarat dan elektronika. Secara lebih khusus yaitu bidang kendali, telekomunikasi, dan teknologi elektronik. Dengan begitu, Anda dapat bersaing dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat.

Secara garis besar, program studi Teknik Elektro ini dibagi lagi menjadi lima konsentrasi. Kelima konsentrasi tersebut yaitu Teknik Instrumentasi Kendali, Teknik Tenaga Listrik, Teknik Komputer, Teknik Telekomunikasi, serta Teknik Pengolahan Isyarat, Biomedika, dan Elektronika.

Anda dapat mengambil salah satu konsentrasi di atas, disesuaikan dengan kompetensi yang Anda miliki. Pasalnya, setiap konsentrasi akan mempelajari hal yang berbeda-beda.

Prospek Lulusan Teknik Elektro

Seperti yang kita ketahui, kebutuhan akan listrik masing sangat diperlukan di dunia, baik itu untuk kebutuhan hiburan, pekerjaan atau yang lainnya. Untuk dapat terampil dalam bidang ini, tentu dibutuhkan pengetahuan mengenai kelistrikan yang dapat dipelajari di program studi Teknik Elektro.

Bidang studi Teknik Elektro pun cakupannya sangat luas, sehingga dibagi lagi menjadi lima konsentrasi peminatan. Dengan cakupan studi yang luas, tak heran jika prospek kerja Teknik Elektro ini masih sangat terbuka lebar di Indonesia. Bahkan, gaji Teknik Elektro pun terbilang cukup tinggi.

Adapun pekerjaan-pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh lulusan Teknik Elektro yaitu teknisi radar, teknisi telekomunikasi, teknisi selular, sonar dan navigasi, teknisi network system, dan masih banyak lagi. Anda juga dapat mendaftar menjadi dosen, pegawai negeri, software developer, project engineer, dan lain-lain.

Biaya Kuliah Teknik Elektro (S1)

Untuk biaya kuliah program studi Teknik Elektro (S1) di Bina Sarana Informatika yaitu sebesar Rp2.580.000,00 per semester. Biaya tersebut sudah termasuk biaya sks, BPP pokok, biaya ujian (kecuali remidi), dan biaya praktikum. Biaya kuliah tersebut dibayarkan melalui internet banking, mobile banking, ATM, Alfa Group, atau Indomaret.

Saat melakukan pendaftaran online pada laman https://pmb.bsi.ac.id, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp250.000,00. Anda juga akan dikenakan biaya SSP (Sumbangan Sarana Prasarana) sebesar Rp2.000.000,00 hingga Rp5.400.000,00. Jika mengambil kuliah sore malam, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp500.000,00.

Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya pra kuliah untuk orientasi akademik, biaya administrasi, seminar motivasi, e-KTM, dan jaket almamater. Total biaya pra kuliah yang wajib dibayarkan yaitu Rp1.600.000,00. Adapun waktu pembayarannya yaitu bersamaan dengan waktu pembayaran biaya kuliah.

Jadi, program studi Teknik Elektro merupakan program studi yang mempelajari berbagai hal yang berbau kelistrikan, Program studi ini dibagi lagi menjadi lima konsentrasi peminatan seperti yang sudah disebutkan di atas. Untuk prospek kerjanya pun bermacam-macam, mulai dari dosen, project engineer, dan lain-lain.

Salah satu universitas yang menawarkan program studi Teknik Elektro yaitu Universitas Bina Sarana Informatika atau BSI. Program studi Teknik Elektro BSI ini menawarkan jenjang kuliah S1 dengan biaya kuliah seperti yang sudah disebutkan di atas. Bagaimana? Apakah Anda tertarik?

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar