Senin, 07 September 2020

Perbandingan KTA Bank Mandiri vs Kredivo, Mana Paling Sesuai?


Kredit Tanpa Agunan sempat menjadi primadona di masanya sebelum ada pinjaman online cepat cair terbaru di Indonesia. Produk finansial dari bank saat itu dapat digunakan untuk apa saja sesuai kebutuhan, seperti modal usaha, biaya renovasi, pendidikan, hingga untuk kebutuhan pernikahan.

Setelah adanya pinjaman online, kebutuhan masyarakat mulai bergeser di tengah menjamurnya marketplace. KTA tidak bisa digunakan untuk belanja secara online maupun pembayaran biaya-biaya tagihan bulanan sehingga fungsinya sudah berbeda.

Namun demikian, kita bisa mengulas perbandingan masing-masing antara KTA dan pinjaman online. Contoh kali ini akan kita ulas antara KTA Bank Mandiri dengan Kredivo, di mana keduanya sudah memiliki brand yang jelas dan dikenal oleh masyarakat luas. 

Bunga Kredivo vs KTA Bank Mandiri, mana paling rendah?

Bunga Kredivo dipatok sebesar 31,2% per tahun (2,6% per bulan) sementara bunga KTA bank mandiri berdasarkan perhitungan di simulasi KTA dengan tenor 12 bulan sekitar 10.50% per tahun. Namun, itu pun akan tetap disesuaikan dengan berbagai faktor jika KTA diajukan atas nama perusahaan tempat dimana calon debitur bekerja. 

Dari perbandingan keduanya jelas KTA Bank Mandiri jauh lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman online. Meskipun kurang apple to apple, tetapi bisa memberikan gambaran yang jelas bagaimana perbedaan bunga pinjaman dari lembaga konvensional dengan fintech. 

Dengan penghasilan sekitar Rp3 juta per bulan, debitur KTA Bank Mandiri hanya bisa mendapatkan kredit limit maksimal hingga Rp14 jutaan. Sementara kredit limit yang diberikan oleh Kredivo mencapai Rp30 jutaan. Namun, itu pun tetap akan diperhitungkan sesuai dengan kondisi finansial masing-masing calon debitur dari persyaratan yang diajukan sehingga bisa dianalisa dengan cepat melalui teknologi big data. 

Seperti diketahui bahwa proses persetujuan KTA memerlukan analisa berhari-hari. Berbeda dengan fintech yang hanya perlu maksimal 1x24 jam untuk persetujuan pendaftaran dan beberapa menit saja untuk persetujuan pinjaman.

Dari rangkaian journey pinjaman lewat fintech memang menawarkan jalur yang lebih cepat dibandingkan dengan KTA bank. Namun, kembali juga ke kebutuhan masing-masing. KTA bank menawarkan bunga rendah tetapi jalur lambat, sementara fintech menawarkan jalur cepat dengan bunga lebih tinggi dan lebih fleksibel. 

Keunggulan Kredivo vs KTA Bank Mandiri

Dari gambaran perbandingan bunga sebelumnya jelas bunga KTA lebih rendah dibandingkan dengan bunga pinjaman online. Tetapi, untuk fleksibilitas, produk fintech menjangkau berbagai lini kebutuhan masyarakat.

Saat ini Kredivo bukan hanya sebagai pinjaman online cepat cair terbaru saja, tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dengan satu aplikasi saja bisa bayar berbagai tagihan bulanan, belanja online di 350+ merchant online dan offline, serta pengajuan pinjaman mini dan pinjaman jumbo.

Proses persyaratan menjadi member pun bisa dengan syarat KTP saja dan menghubungkan akun internet banking sudah bisa menjadi member reguler. Untuk mendapatkan kredit limit sampai dengan Rp30 juta memang perlu dokumen yang lebih lengkap tetapi proses analisanya cukup 1x24 jam saja.

Sementara keunggulan KTA dengan bunga rendah dapat mendapatkan kredit limit yang lebih besar pula sesuai dengan kondisi debitur. Untuk poin tersebut pada dasarnya tidak jauh berbeda.  

Proses pendaftaran Kredivo vs KTA Bank Mandiri

Untuk mendapatkan pinjaman dari Kredivo, kamu harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran menjadi member premium. Jika permohonan disetujui, kamu bisa menggunakan seluruh kredit limit untuk usaha, belanja, bayar berbagai tagihan bulanan supaya semua pembayaran terintegrasi menjadi satu platform pembayaran.

Syarat yang wajib dipenuhi sebagai member seperti berikut ini:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Sementara untuk mendapatkan persetujuan KTA paling minimal berusia 21 tahun, sudah bekerja dengan masa kerja minimal 1 tahun serta punya penghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan. 

Itulah ulasan singkat perbandingan antara Kredivo dan KTA Bank Mandiri. Kedua perusahaan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sehingga legalitasnya di mata hukum semakin jelas.. 

Untuk mendukung protokol kesehatan di era new normal saat ini diutamakan untuk bertransaksi secara contactless atau tanpa kontak sama sekali. Upaya tersebut bisa dilakukan jika mengajukan pinjaman lewat fintech tepercaya seperti Kredivo. Unduh aplikasinya dengan mudah yang sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar