Jumat, 28 Agustus 2020

Penggunan Saas (Software As A Services) Untuk Layanan Bisnis

SaaS adalah satu diantara beberapa model layanan cloud yang memungkinkan pengguna (user) untuk dapat langsung memanfaatkan layanan tersebut  yang ada secara berlangganan. Diera industri sekarang  ini sudah terdapat berbagai macam layanan SaaS, seperti sistem email, sistem penyimpanan, sistem unit produksi sampai kesistem untuk menganalisis data. Pengguna bisnis, Terkhususnya UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) atau startup dapat memanfaatkan berbagai layanan ini untuk dapat menghemat budget pengeluaran teknologi, karena bisnis bisa menggunakan layanan secara bertahap sesuai kebutuhan.



Contoh pada saat bisnis baru hanya terdiri dari 10 anggota , maka  cukup membayar layanan berlangganan untuk 10 anggota ini.  Begitu bertambah dengan mudah bisnis juga dapat membelinya lagi. Daripada harus mengembangkan software secara mandiri yang memakan dana lebih banyak, untuk CRM (Customer Relationship Management) contohnya,  dengan kamu  berlangganan SaaS, pembiayaan Develoment atau pengembangan dapat dioptimalkan untuk kebutuhan lain, karena  bisnis bisa berlangganan sesuai dengan kapasitas dan kebutuhannya.

Penggunaan PaaS dan IaaS Sebagai fondasi aplikasi bisnis

Pada saat bisnis sudah memiliki aplikasi sendiri, seperti misalnya layanan e-commerce, yang sudah tidak lagi memungkinkan untuk mengkamu lkan SaaS, karena platform yang dibutuhkan sangatlah custom, maka layanan cloud yang bisa dipilih bisa berupa PaaS (Platform as a Services) atau IaaS (Infrastructure as a Services). layanan PaaS memungkinkan pengguna untuk dapat memanfaatkan sistem server dan atau layanan cloud yang sudah siap untuk meletakkan aplikasi yang dikembangkan. Tidak perlu memikirkan alokasi sumber daya komputasi (Sistem Operasi, Firewall, dll), disini pengembang hanya perlu menyesuaikan platform yang dibutuhkan.

Keunggulan PaaS Cloud Computing

Paas Cloud Computing menggunakan teknologi terbaru dan terbaik.

Tantangan dalam membangun sebuah web atau  aplikasi yang akan menjadi jawaban untuk mengembangkan bisnis kamu  di era revolusi industri 4.0. apliksai atau web tersebut haruslah sudah dapat dilacak, dirawat, diperbarui, dan diintegrasikan lagi dari waktu ke waktu. Hal yang sering sekali perusahaan UMKM atau  startup sulit lakukan sendiri.

Dengan menggunakan sistem  PaaS, teknologi terbaru dan termutakhir pasti adalah jaminan dari perusahaan penyedia layanan tersebut. Kamu  sebagai pemilik bisnis tidak perlu khawatir, sistem PaaS dari cloud computing akan selalu diperbarui atau update secara otomatis dan berkala tanpa mengganggu operasional bisnis kamu  tentunya. Berikut beberapa poin penting keunggulan penggunaan sistem  PaaS Cloud Computing

Memaksimalkan Uptime.

Sistem PaaS dari cloud computing dapat membantu bisnis kamu  dalam meraih target dengan menghindarkan waktu downtime yang tiba -tiba yang tentu dapat kamu  kehilangan calon pelanggan karena hal ini. Setiap provider atau penyedia layanan PaaS biasanya akan menawarkan SLA sebesar 99,9% dimana jaminan web/aplikasi yang kamu  kembangkan tersimpan berada di sebuah lingkungan Cloud Computing terbaik.

Menghemat Anggaran.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa teknologi ini menawarkan penghematan biaya yang cukup signifikan. Menggunakan layanan PaaS dari cloud computing merupakan jalan terbaik yang ada untuk meningkatkan skala bisnis kamu .  Dengan mempercayakan berbagai bentuk layanan seperti server dan data center kepada layanan penyedia PaaS akan jauh lebih menghemat anggaran kamu  yang mungkin terbatas saat merintis bisnis, cobba simak di situs wasiswa.com untuk mendapatkan informasi terlengkapnya.

Aspek Keamanan

Keamanan data center adalah poin yang sangat penting untuk kemungkinan terjadinya data hilang atau data rusak. Pada layanan PaaS dari cloud computing memiliki pendekatan yang unik dalam aspek keamanan. PaaS dari  memiliki penyimpanan yang besar dengan pendekatan yang berbeda di setiap layer nya yang semakin ketat. Keamanan ini dimulai dari Tier 1 (satu) hingga Tier yang akan semakin ketat agar tidak adanya spam ataupun hacker yang mampu meretas atau membobol data perusahaan. Meskipun begitu cloud computing banyak juga dikritik dari segi keamanan karena dapat diakses oleh semua orang, tetapi berbagai perusahaan -perusahaan besar penyedia layanan cloud ini seperti Microsoft, Apple, Amazon telah memiliki sebuah standar keamanan yang amat sangat tinggi dalam menjaga sebuah data.

Dukungan provider terbaik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pada saat  kamu  membangun dan menjalankan sistem PaaS. Sejatinya kamu  sedang berusaha menjawab segala kebutuhan konsumen. Tak hanya menjawab  dari orang yang telah memahami teknologi, tetapi juga menjawab bagi mereka yang masih awam dengan teknologi. Kamu  haruslah memastikan bahwa teknologi yang kamu  gunakan telah  didukung oleh provider terbaik karena kamu  akan bekerja sama dengan mereka, tidak hanya membeli atau berlangganan dan menjalankannya sendiri.

Pilih layanan cloud yang terpercaya

Di Indonesia ini cukup banyak pilihan provider yang menyediakan layanan cloud yang saat ini tersaji. Hal ini dikarenakan bisnis pastilah membutuhkansebuah  teknologi yang handal untuk operasional bisnis yang berkelanjutan. pastikan bisnis kamu  memilih layanan cloud yang sudah teruji dan terpercaya. Setidaknya telah  ada case study atau pihak bisnis lain yang sebelumnya pernah menggunakan layanan tersebut dan memberikan testimoni atau review baik. Terlepas dari itu adalah  layanan global ataupun layanan lokal.

URL: https://wasiswa.com/

Keyword : wasiswa.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar