Minggu, 19 Juli 2020

Potensi Energi Surya Di Indonesia - Salah Satu Contoh Aplikasi Untuk Pompa Air Tenaga Surya


Potensi Energi Surya Di Indonesia - Salah Satu Contoh Aplikasi Untuk Pompa Air Tenaga Surya. Energi panas yang dihasilkan oleh matahari ternyata bisa diubah menjadi energi listrik dengan bantuan panel surya. Anda mungkin sudah mengetahui bahwa penggunaan energi panas matahari sudah mulai banyak dilakukan di berbagai daerah sebagai tenaga listrik yang digunakan untuk menyalakan lampu jalan raya.
Akan tetapi Anda mungkin belum mengetahui jika energi surya memiliki potensi lain yang bisa digunakan untuk menyediakan kebutuhan air bersih. Pompa air tenaga surya merupakan salah satu inovasi teknologi terbaik yang bisa diaplikasikan dan diimplementasikan untuk memberikan kemudahaan bagi masyarakat akan terpenuhinya kebutuhan air bersih.
Selain untuk memenuhi kebutuhan air bersih atau air minum serta kebutuhan industri, pompa air ini bisa dimanfaatkan untuk irigasi. Pompa air dan tenaga surya merupakan kombinasi yang sangat tepat untuk pengairan karena ketersediaan air dan sinar matahari yang melimpah.
Lahan tandus akibat kekeringan dapat diubah menjadi lahan produktif dengan bantuan pompa air bertenaga surya yang bisa mengairi lahan tersebut. Dengan mengalirkan air ke lokasi atau daerah yang tidak mempunyai infastruktur yang memadai akan meningkatkan ketersediaan dan keamanan pangan dan menghasilkan pendapatan yang terus meningkat bagi masyarakat sekitar.
Hampir semua metode irigasi seperti irigasi tetes, curah, dan tergenang bisa menggunakan sistem pompa air tenaga surya. Aliran dan tekanan yang tinggi bisa menjangkau seluruh sistem irigasi yang sudah tersedia. Dengan begitu, sistem irigasi yang sudah ada tidak perlu diganti, cukup dikonversikan ke sistem tenaga surya.
Beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan pompa air bertenaga surya ini adalah:
·         Tidak Memerlukan Infrastruktur Khusus
Infrastruktur jaringan listrik konvensional tidak dibutuhkan dalam pemasangan sistem pompa air ini. Pompa tersebut memang didesain untuk bisa digunakan secara mandiri di wilayah yang tidak terjangkau infrastruktur jaringan listrik yang konvensional.
·         Biaya Operasional Cukup Rendah
Penggunaan pompa air tenaga surya ini tidak membutuhkan bahan bakar fosil, bisa dikelola dari jarak jauh, dan didesain untuk penggunaan jangka panjang sehingga biaya operasional sangat rendah.
·         Investasi yang Murah
Penggunaan motor DC jenis brushless dipilih untuk memaksimalkan efisiensi sehingga jika efisiensi menjadi tinggi maka memungkinkan investasi yang cukup murah.
·         Resiko Teknis yang Rendah
Sistem yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan pengguna membuat penyelesaian instalasinya menjadi tepat waktu, sesuai dengan anggaran, dan tidak memiliki resiko teknis.
Memompa dan mendistribusikan kebutuhan air bagi seluruh masyarakat tentu membutuhkan energi yang sangat besar. Dengan perencanaan dan peralatan yang tepat, surya akan memberikan energi tanpa batas bagi terpenuhinya kebutuhan manusia.
Pompa air tenaga surya menjadi solusi bijak untuk mengatasi permasalahan pasokan air terutama di daerah yang belum memiliki instalasi listrik konvensional. Pemanfaatan tenaga surya akan membantu menciptakan bumi yang ramah lingkungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar