Rabu, 01 Juli 2020

Pertimbangan Sewa Laptop Jogja untuk Keperluan UNBK


Seperti yang Anda ketahu bahwa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berhasil dilaksanakan di Indonesia  beberapa tahun ini. Pelaksanaan ujian mulai jenjang Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas juga dinyatakan cukup lancar di berbagai wilayah, tak terkecuali untuk daerah Jogjakarta dan sekitarnya. Diantara beberapa kiat yang diambil oleh pihak sekolah agar pelaksanaan ujian berbasis komputer ini dapat dihadapi dengan baik oleh para siswanya adalah dengan menggunakan jasa sewa laptop Jogja.

Bagaimana Sekolah Mempersiapkan Diri dan Siswa dalam Menghadapi UNBK?

Demi membantu para siswa agar lebih siap dalam menghadapi ujian tersebut, bisa saja pihak sekolah dengan kesepakatan bersama komite maupun para wali murid mengambil kebijakan untuk sewa laptop Jogja. Selain halnya untuk menggelar simulasi UNBK yang biasanya digelar lebih dari sekali, pihak sekolah biasanya juga perlu menyiapkan beberapa perangkat cadangan pada saat pelaksanaan ujian. Harapannya tentu saja agar UNBK tersebut dapat terlaksana dengan lancar sesuai dengan agenda.

Ujian yang juga menentukan kelulusan para peserta didik tersebut memang sedianya dipersiapkan sebaik mungkin baik oleh pihak sekolah maupun para wali murid. Hal ini untuk menjamin agar setiap siswa memiliki mental yang benar-benar siap untuk menghadapi ujian yang tidak seperti praktik ujian yang mereka jalani sebelumnya. Ujian menggunakan komputer atau laptop bisa saja membuat gugup sehingga siswa tidak bisa lagi fokus mengerjakan soal dengan baik.

Sekolah bekerjasama dengan komite dan wali murid bisa saja mempertimbangkan sewa laptop Jogja untuk menambah kesiapan menghadapi UNBK. Dalam hal ini, pihak sekolah yang mengadakan simulasi tak hanya bertujuan untuk sekedar menyiapkan siswa tetapi juga menyiapkan berbagai kebutuhan operasional yang menunjang jalannya ujian dengan baik, seperti teknisi, operator hingga berbagai perangkat lain misalnya kondisi lab komputer, genset, laptop cadangan, earphone dan lain sebagainya.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Menjalankan UNBK?   

Sistem UNBK diterapkan untuk menggantikan ujian kertas dengan tujuan efisiensi sekaligus menekan peluang terjadinya berbagai kecurangan. Namun di lain sisi, penerapa sistem ujian yang baru ini juga menuntut pihak sekolah mampu menyediakan komputer maupun laptop bagi semua peserta ujian. Tak hanya untuk pelaksanaan ujiannya saja, komputer dan laptop juga harus disiapkan jauh hari sebelumnya untuk melakukan percobaan atau simulasi UNBK.  

Perlu Anda ketahui pula bahwa penyelenggaraan UNBK sendiri menerapkan sistem semi-online dimana soal-soal ujian dipancarkan secara online oleh server pusat kemudian server lokal milik sekolah dengan cara sinkronisasi. Setelah server milik sekolah mendapatkan data soal tersebut, siswa mengakses soal-soal UNBK melalui laptop atau komputer masing-masing (client) yang terhubung ke server sekolah. Artinya, laptop yang dihadapi oleh siswa akan terhubung ke internet untuk membuka browser exambro.

Setelah siswa selesai mengerjakan UNBK, hasilnya juga akan dikumpulkan ke server lokal sekolah yang kemudian diunggah ke server pusat dengan cara online. Secara garis besar, komputer server sekolah mengakses jaringan internet untuk melakukan sinkronisasi soal dan mengupload hasil ujian para peserta. Sementara perangkat client megakses internet untuk login dan menampilkan soal. Namun begitu, sekolah tetap harus menyediakan sejumlah besar perangkat komputer atau laptop untuk digunakan oleh semua peserta UNBK dalam sekali waktu. Dan hal inilah yang biasanya menjadi kendala bagi pihak sekolah.

Pihak sekolah yang biasanya sudah memiliki petugas laboratorium komputer, yang biasanya juga menjadi proktor dan teknisi perlu menyiapkan beberapa hal antara lain:
Perangkat untuk server lokal dan client dengan spesifikasi setidaknya;
Untuk Perangkat Server (Sekolah):
·         Komputer desktop (tidak boleh menggunakan laptop)
·         Processor 64-bit quad-core dengan kecepatan minimal 1.6 GHz  
·         RAM DDR 3 sebesar 8 GB
·         Ruang penyimpanan harddisk tersedia 250 GB
·         Menggunakan OS 64-bit, baik itu Windows Server/ Windows 8 /Windows 7/ Linux Ubuntu 14.04
·         LAN CARD (NIC) 2 unit mendukung GigaByte
·         UPS setidaknya tahan selama 15 menit
·         Setiap 1 perangkat server paling banyak diakses oleh 40 perangkat client dan sediakan pula 1 unit sebagai cadangan
Untuk Perangkat Client (Siswa):
·         Komputer, baik itu desktop maupun laptop
·         Menggunakan layar minimal 11 inch
·         Processor single core
·         RAM 512 MB
·         Ruang penyimpanan hardisk tersedia 10 GB  
·         Menggunakan OS Windows XP/ Windows 7 /Windows 8 / LINUX/ MAC/ Chrome OS
·         Mendukung browser Exambro terbaru
·         Memiliki dukungan untuk sambungan LAN Card
·         Setiap 1 perangkat client paling banyak digunakan untuk 3 peserta dan sediakan pula 10% dari total jumlah peserta ujian.
·         Dilengkapi dengan headset/ earphone untuk ujian listening Bahasa Inggris tingkat SMA/ MA dan SMK
·         Akses internet dengan bandwidth 1 Mbps
·         Akses jaringan lokal (LAN) dengan kriteria switch 10/100/1000 Mbps dimana jumlah port disesuaikan dengan jumlah komputer yang terhubung ke setiap server. Setiap server juga harus memiliki switch tersendiri.  

Setelah membaca kebutuhan minimal spesifikasi perangkat dan infrastruktur yang dibutuhkan, mungkin Anda menilai bahwa sepesifikasi yang diminta tidak terlalu tinggi. Namun tak menutup kemungkina pula bahwa pengadaan perangkat dalam jumlah besar tentunya akan membutuhkan biaya yang bsar pula. Belum lagi dengan ongkos perawatan dan perbaikan, mengingat perangkat elektronik seperti ini bisa saja mengalami masalah.

Belum lagi jika pihak sekolah hanya menyediakan perangkat berdasarkan standar kebutuhan minimal di atas. Memang dengan menekan belanja perangkat dengan membeli spesifikasi sesuai standar minimal diatas, UNBK sudah bisa dilaksanaan. Namun hal ini tidak bisa menjamin bahwa pengalaman penggunaan optimal baik oleh siswa, operator dan teknisi. Maka dari itu, sudah sewajarnya apabila pihak sekolah mempertimbangkan spesifikasi yang tidak sekedar jalan tetapi juga aman dan nyaman.

Tak heran jika beberapa sekolah memilih untuk mempertimbangkan sewa laptop Jogja sebagai alternatif. Hal yang biasanya menjadi alasan mengapa sekolah tetap perlu menggunakan jasa persewaan ini meskipun sudah memiliki beberapa unit di lab komputer antara lain:

Laptop Terkini 

Entah apakah perangkat yang disewa nantinya akan digunakan sebagai cadangan ataukah client untuk siswa, sekolah bisa mendapatkan laptop berkualitas dengan spesifikasi terkini atau sesuai dengan kebutuhan. Dan yang jelas, perangkat sewaan tersebut juga merupakan unit-unit yang selalu dirawat kondisinya oleh para profesional. Hal ini akan menghilangkan kekhawatiran akan pelaksanaan ujian maupun simulasi yang terkendala oleh unit yang rewel atau bermasalah.

Laptop yang Dioptimasi

Mengingat kebutuhan untuk UNBK ini sudah berjalan selama beberapa tahun, tak jarang sewalaptop Jogja yang menyesuaikan perangkat mereka dengan permintaan. Misalnya, menyiapkan laptop Core2Duo yang telah dioptmalkan sehngga bisa dipilih oleh sekolah yang memiliki anggaran terbatas. Jadi meskipun secara prosesor dalam spesifikasi laptop mungkin sudah tidak lagi kekinian namun tetap menjanjikan pengalaman penggunaan optimal dengan software atau beberapa hardware seperti RAM dan HDD/ SSD yang dioptimalkan.

Termasuk Teknisi

Meskipun sekolah sudah memiliki teknisi atau tenaga operator sendiri, tak jarang mereka merasa terbantu kerjanya oleh keberadaan teknisi yang stand-by selama perangkat sewaan tersebut digunakan. Dan umumnya, pihak sekolah juga tidak dikenai biaya tambahan untuk membayar teknisi yang menyertai rental laptop tersebut. Teknisi profesional yang memiliki pengalaman dalam operasional UNBK ini stand-by untuk mengantisipasi kendala pada laptop termasuk membantu proses penggantian unit cadangan yang meliputi backup pekerjaan UNBK siswa.

Termasuk Cadangan

Ya, seperti yang disebutkan di atas, para teknisi profesional tersebut juga akan menyiapkan laptop cadangan seandainya unit yang sedang digunakan oleh siswa mengalami masalah dan tidak memungkin perbaikan cepat. Jadi, siswa akan melanjutkan UNBK menggunakan laptop lain yang dibawa oleh teknisi. Tenang, hasil pekerjaan UNBK yang telah dikerjakan siswa tetap aman dan bisa dilanjutkan di laptop yang baru melalui proses backup dan restore.

Efisiensi Listrik

Salah satu alasan yang juga ternyata masih cukup relevan adalah soal efisiensi listrik. Untuk mengoperasikan seluruh unit komputer desktop yang ada di laboratorium secara bersamaan lengkap dengan unit server dan berbagai alat lain seperti AC, kipas angin ataupun pompa air, besar kemungkinan kapasitas listrik sekolah tidak sanggup. Alih-alih menyewa genset untuk try-out atau simulasi dan pelaknsaan UNBK, sewa laptop bisa dijadikan pertimbangan efisiensi. Laptop memiliki tingkat konsumsi watt yang tak terlalu besar dibanding komputer desktop sehingga penggunaan daya dan biaya listrik dapat ditekan.

Itulah sekilas informasi tentang UNBK dan beberapa alasan yang mendasari pertimbngan instansi sekolah bersama komite dan wali murid mempertimbangkan opsi sewa laptop Jogja baik dalam mengadakan simulasi maupun pelaksanaan ujiannya sendiri. Tak hanya sekolah, ta jarang wali muridyang juga menyewa laptop selama masa jelang UNBK agar putra-putrinya lebih siap mental dengan ujian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar