Rabu, 17 Juni 2020

Mortar, Semen Instan untuk Bangunan yang Lebih Kuat


Mortar, Semen Instan untuk Bangunan yang Lebih Kuat - Ini adalah zaman yang sudah serba praktis dan serba cepat. Tidak hanya makanan, bahan baku untuk membuat bangunanpun sudah dibuat sedemikian rupa hingga membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Salah satu material yang tidak boleh ditinggalkan adalah semen yang digunakan sebagai bahan perekat dari material satu dengan material lainnya.

Biasanya, untuk menggunakan semen agar bisa bekerja lebih baik, maka Anda harus mencampurnya dengan beberapa bahan. Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya mampu menentukan takarannya terlebih dahulu, agar takaran cukup tepat. Campuran bahan tersebut kemudian diberi tambahan air baru kemudian diaduk dengan rata sebelum digunakan.

Pada dasarnya semen terbuat dari campuran batu kapur, silikon, besi, kalsiuma dan bahan lainnya yang kemudian diproses hingga akhirnya menjadi bubuk berwarna abu-abu. Semen juga terdiri atas beberapa jenis dengan berbagai kelebihannya masing-masing. Sebelum menggunakannya, Anda juga harus tahu apa kegunaan dari semen tersebut.

Kompleksnya penggunaan semen konvensional sudah seharusnya Anda tinggalkan. Saat ini, Anda sudah bisa menggunakan jenis semen instan atau biasa disebut dengan Mortar untuk meringkas semua pekerjaan di atas. Semen ini memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki semen biasa. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli semen instan, berikut ini adalah beberapa jenis semen instan yang perlu Anda ketahui dan cara menggunakannya.

Perekat Bata Ringan

Jenis semen instan yang pertama adalah semen yang digunakan untuk perekat bata ringan atau ThinBed ddengan ketebalan mencapai 3 mm. Dalam satu sak semen yang berukuran 40 kg, maka Anda cukup mencampurnya dengan 9 hingga 10 liter air saja.

Plesteran Dinding

Semen instan yang kedua adalah jenis Plaster Max atau Pleseran dinding yang memiliki daya rekat tinggi. Ketebalan perekatnya mencapai 10 mm dan dapat digunakan dengan menggunakan mesin semprot sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif lagi. Sementara untuk kebutuhan airnya jauh lebih hemat lagi, di mana Anda hanya membutuhkan 5,5 liter air untuk satu sak semen seberat 40 kg.

Pelapis Dinding

Jenis yang ketiga dari semen instan adalah Pelapis Dinding atau Skim Coat. Semen jenis ini tidak memerlukan kompon lagi untuk dasar pengecatan, selain itu semen ini juga tidak menyerap bahan cat sehingga Anda lebih hemat saat menggunakan cat. Sementara daya sebar semen ini kurang lebih 17m2 dengan ketebalan 1.5mm.

Perekat Keramik

Jenis yang semen instant yang keempat adalah Perekat keramik yang terdiri atas dua macam, yaitu Tile Adhesive dan Tile on Tile Adhesive. Kelebihan lain dari semen jenis ini adalah bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti terangkatnya pasangan keramik serta ketahanannya yang sangat baik terhadap proses penyusutan maupun pemuaian.

Itulah beberapa jenis semen instan atau mortal yang perlu Anda ketahui, beserta dengan cara penggunaan dan kelebihannya. Semen ini memiliki perbedaan harga dan sedikit di atas semen konvensional namun jauh lebih praktis dan bersih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar