Senin, 29 Juni 2020

Mengulik Cara Merawat Kacer Mabung yang Tepat


Mengulik Cara Merawat Kacer Mabung yang Tepat! Bagi pecinta burung tentu tidak akan asing lagi dengan burung Kacer bukan? Burung jenis ini memang menjadi burung favorit bagi pecinta burung karena kicauannya. Setiap burung, umumnya akan mengalami proses yang dinamakan mabung atau dapat diartikan sebagai proses pergantian bulu yang memang begitu alami dan wajar. Biasanya, kala mengalami proses mabung ini, biasanya burung akan mengalami penurunan pada performanya, dapat dikatakan sebagai titik terlemah dari burung.

Perlu diingat jika perawatan yang salah pada burung yang sedang mengalami proses mabung dapat menyebabkan kualitas burung menjadi buruk. Misalnya saja jika sebelum mabung burung menjadi rajin berkicau, maka ketika salah dalam perawatan dapat menyebabkan burung tidak rajin berkicau lagi. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut kita akan mengulas mengalami perawatan burung Kacer ketika mabung. Yuk, disimak!

Berikan Pakan Jangkrik Sebelum Pegerodongan

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam cara merawat kacer mabung ialah memberikan pakan jangkrik. Dan coba simak di situs citcuit.id untuk informasi selengkapnya. Pakan jangkrik ini dapat kamu beriman selama satu Minggu penuh. Jikalau sudah seminggu kamu harus menghentikan pakan tambahan. Ketika proses mabung berlangsung, lakukan pengerodongan secara full. Nah tujuannya ialah agar burung ini tidak terganggu akan aktivitas di lingkungan sekitar bulunya. Jikalau sudah begini, burung akan bis lebih fokus untuk merontokkan bulu-bulunya.

Tidak Memberikan Pakan Tambahan Pada Puncak Mabung

Perlu diingat, ketika burung kacenssdang mencapai puncak mabung, akan lebih baik jika tidak memberikan pakan tambahan apapun. Baik itu jangkrik, ulat Hongkong, kroto dan lain-lain. Memberikan pakan tambahan tersebut hanya akan meningkatkan birahi burung dan membuat kondisinya semakin buruk saja. Kamu hanya perlu memberikan voer saja dengan memastikan makan dan minumnya tersedia dengan baik. Jikalau diperlukan kamu bisa menambahkan vitamin pada minumannya.

Membersihkan Kadang Setiap Hari

Cara merawat Kacer mabung ini memang perlu kamu lakukan. Pasalnya kita tahu jikalau burung sedang merontokkan bulu-bulunya. Sebagai tambahan, kamu bisa membersihkan kandang tersebut dengan menggunakan disinfektan. Cairan ini berguna untuk membersihkan kutu juga jamur. Kamu harus menggunakan cairan disinfektan khusus untuk burung ya.

Jaga Kacer Setelah Selesai Mabung

Dalam hal ini, jikalau proses mabung selesai maka kamu bisa memandikan burung dengan shampo terbaik unyuk burung. Setekah itu, jemur burung hingga kering dan berikan makan setelah burung kering dengan jangkrik sebanyak enam ekor. Setelah selesai kerodong kembali burung dan jemur kembali keesokan harinya selama tiga sampai empat jam. Proses ini bisa kamu lakukan sampai Kacer dapat berkicau seperti semula lagi.

Nah itulah beberapa cara merawat Kacer mabung yang dapat kamu terapkan. Semoga burung kamu dapat kembali dengan baik performanya ya. Selamat mencoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar