Senin, 11 Mei 2020

Pakai Pinjaman Uang Online di Tengah Pandemi, Apakah Bisa Jadi Solusi?


Meski di tengah pandemi, pinjaman uang baik yang konvensional ataupun pinjaman uang online dari fintech, sebaiknya hanya digunakan jika kapasitas keuangan kita masih memiliki “slot” untuk menanggung cicilannya. 

Dengan kata lain, kalau pemasukan sangat terganggu akibat pandemi & jadi nggak stabil, maka pinjaman uang ke lembaga pinjaman jangan dijadikan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan, apa pun itu. Alternatifnya, kamu dapat mencoba mencairkan dana JHT, berjualan atau beralih profesi sementara, atau mau nggak mau meminta bantuan kepada kerabat lebih dulu. 

Sebaliknya, kalau pemasukan masih stabil dan ada slot untuk tambah beban cicilan baru, pinjaman uang baru bisa dipertimbangkan sebagai solusi. Misalnya, untuk kebutuhan tambahan biaya tahun ajaran baru, biaya rumah sakit, dan lain sebagainya. 

Apalagi di jaman sekarang, mencari lembaga pinjaman yang tepat bukan lagi perkara sulit. Pinjaman nggak cuma bisa diajukan di bank atau lembaga kredit konvensional, namun juga bisa diajukan ke fintech pinjaman uang online. Soal limit, suku bunga, dan opsi tenor, fintech pinjaman uang online juga nggak kalah lho dari perbankan. 

Apa Contohnya?

Kredivo, fintech kredit sekaligus pinjaman uang online yang satu ini dapat memberikan limit kredit maksimal s.d Rp 30 juta bagi penggunanya, khususnya yang terdaftar sebagai pengguna Premium. Daftarnya pun mudah. Dapat dilakukan kapan pun, hanya dengan mendownload aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Namun, ada tiga syarat dasar yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar, yaitu: 

  1. Kamu merupakan WNI yang sudah berusia minimal 18 tahun. 
  2. Kamu memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Kamu berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Daftar Kredivo, Nggak Perlu Slip Gaji!

Buat kamu yang berprofesi sebagai freelancer atau wiraswasta, nggak perlu khawatir karena kamu tetap bisa daftar Kredivo. Ketika daftar akun Kredivo, terutama yang Premium, jumlah penghasilan dibuktikan dengan cara mengupload foto NPWP atau menyambungkan akun internet bankingmu yang aktif ke aplikasi Krediivo. Jangan khawatir, selain sudah terdaftar di OJK, teknologi yang digunakan Kredivo sangat menjamin keamanan dan kerahasiaan data-data yang kamu unggah atau sambungkan. Data-data yang lengkap akan semakin memudahkan dan mempercepat proses pendaftaran. Selain itu, proses approval dari Kredivo sendiri untuk pendaftaran akun baru juga terbilang cepat, minimal 1 x 24 jam. 

Pinjaman Mini atau Pinjaman Jumbo, Pilih Sesuai Kebutuhan

Jika pendaftaranmu disetujui, kamu akan menerima limit Kredivo dalam bentuk nontunai yang bisa dicek langsung di akunmu. Cara kerjanya mirip dengan kartu kredit perbankan apabila kamu butuh pinjaman uang. Kalau kartu kredit ditarik tunai, Kredivo punya fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo pada aplikasinya, khusus untuk mencairkan limit menjadi pinjaman. 

Butuh dana darurat dalam jumlah kecil? Pinjaman mini bisa digunakan untuk pengajuan minimal 500 ribu dalam tempo 30 hari. Apabila butuh pinjaman yang besar, pinjaman jumbo bisa dijadikan andalan karena minimum pengajuannya Rp 1 juta dan maksimum sebesar limit untuk tenor 6 bulan. Simulasinya begini: cek sisa limit di akun Kredivo-mu untuk tenor 6 bulan, misalnya ada Rp 10 juta. Maka Rp 10 juta itulah yang jadi batas maksimum jumlah pinjaman yang bisa kamu ajukan di Kredivo. 

Dengan suku bunga flat 2,95% per bulan, pinjaman uang di Kredivo bisa dibilang cukup bersaing dengan yang ditawarkan lembaga pinjaman lainnya. Bahkan, terbilang lebih rendah dibanding suku bunga fintech pinjaman uang lain. Selain itu, Kredivo juga memberikan opsi tenor yang beragam untuk pinjaman, yaitu mulai dari 1 bulan, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. 

Bisa Transaksi Pay Later & Cicilan s.d 12 Bulan

Nggak punya kartu kredit? Kabar baiknya, Kredivo juga bisa digunakan untuk transaksi pay later tanpa bunga dan cicilan s.d 12 bulan di ratusan e-commerce, lho. Berbagai e-commerce populer seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli, sudah menjadi mitra Kredivo untuk fasilitas pay later dan juga cicilan. Untuk pembelanjaan di bawah Rp 1 juta, kamu bisa menggunakan fasilitas bayar nanti atau pay later tanpa bunga dari Kredivo dalam waktu 30 hari sejak pembelian. Sementara untuk pembelanjaan minimum Rp 1 juta ke atas, kamu bisa menggunakan fasilitas cicilan tanpa uang muka dari Kredivo dengan tenor 3/6/1, selama limit yang dimiliki masih mencukupi. 

Bukan cuma di e-commerce rekanan, bahkan di aplikasi Kredivo sendiri kamu bisa dengan mudah bertransaksi pulsa, paket data, token listrik, hingga pembayaran tagihan online seperti BPJS Kesehatan, PDAM, Telkom, dan masih banyak lagi. Pembayarannya akan langsung memotong limit yang ada di akun Kredivo-mu. 

Agar aplikasi fintech kredit dan pinjaman uang online seperti Kredivo dapat bermanfaat dan jadi solusi atas kendala yang kamu miliki, penggunaannya harus berdasarkan pada pertimbangan yang matang. Terutama terkait kondisi dan beban keuangan. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang di mana segala pengeluaran harus dihemat dan tercatat dengan baik agar kondisi keuangan bisa tetap sehat. Sebab, pada dasarnya fasilitas kredit bukan merupakan uang cadangan yang bisa digunakan semaunya. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar