Selasa, 31 Maret 2020

Daftar Harga Besi dan Baja Ringan Untuk Bangunan Istimewa Anda


Ketika Anda ingin membangun sebuah rumah yang kokoh, Anda tentu memerlukan material-material yang berkualitas. Besi merupakan salah satu material penting yang pada umumnya wajib ada. Besi yang dimaksud di sini adalah besi beton yang nantinya akan berfungsi sebagai rangka bangunan. Untuk harga besi dan baja ringan akan diulas pada penjelasan berikutnya.

Mungkin bagi Anda yang belum berpengalaman dalam membangun sebuah rumah, memilih besi yang tepat merupakan hal yang sedikit membingungkan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membaca beberapa referensi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menetapkan besi yang sesuai untuk bangunan Anda.
Di pasaran, Anda akan menemukan banyak sekali jenis besi beton dengan berbagai ukuran dan varian harga. Setiap toko berlomba untuk menawarkan harga terbaik untuk penjualan produk ini. Anda butuh sedikit lebih jeli untuk menjatuhkan pilihan pada toko bangunan yang paling tepat untuk besi beton yang Anda inginkan.
Anda perlu berdiskusi kepada ahli bangunan atau arsitek yang bekerja sama dengan Anda dalam membuat sebuah bangunan. Dengan begitu, Anda semakin yakin dengan jenis besi beton yang Anda pilih nantinya. Hal ini juga dapat meminimalisir kesalahan dalam membeli produk tersebut.
Harga besi dan baja ringan akan diuraikan satu persatu. Untuk harga besi beton sendiri, setiap spesifikasi atau jenisnya memiliki harga yang berbeda-beda. Besi Beton TARIK 4 mm misalnya, untuk setiap ukuran 3.8 mm dijual dengan harga Rp15.000. Sedangkan untuk ukuran 4 mm dijual seharga Rp16.000.
Besi Beton 8 SRB SNI ukuran 7.1 mm dijual seharga Rp38.000. Untuk Besi Beton D 13 SRB SNI dengan ukuran 12.2 mm dipatok dengan harga Rp154.300. Secara keseluruhan, harga besi beton dimulai dari kisaran Rp15.000 sampai dengan Rp220.000.
Material selanjutnya yang akan dipaparkan adalah baja ringan. Harga besi dan baja ringan akan dijelaskan bertahap.Saat ini, banyak bangunan seperti rumah menggunakan baja ringan sebagai atap rumah. Selain itu, baja ringan juga digunakan untuk pagar, talang air, kanopi, dan pintu garasi.
Untuk harga baja ringan, ada beberapa kategori yang membedakan. Pertama, baja ringan terpasang, atau per batang. Jenis baja ringan terpasang yaitu Zafir Light Steal dijual dengan harga kisaran Rp.125.000 per m². Sedangkan baja ringan per batang dijual sekitar Rp78.000-Rp85.000 per batang dengan ukuran 0.75-1 mm.
Baja ringan biasa dipatok dengan kisaran Rp40.000 untuk ukuran 0.44 mm dan Rp45.000 dengan ukuran 0.45 mm. Selain itu, terdapat baja ringan C75 dengan ukuran 0.55 mm seharga Rp65.000 dan yang terpanjang berukuran 1.00 mm dengan harga Rp100.000.
Layaknya material lain, baja ringan mempunyai kelebihan dan kekurangan juga. Selain harga besi dan baja ringan yang bervariasi. Untuk kelebihan baja ringan diantaranya adalah:
·         Tahan terhadap berbagai cuaca ekstrim sekalipun,
·         Perawatan cukup mudah dilakukan,
·         Berlapis cat warna yang mempunyai nilai estetika atau keindahan tersendiri,
·         Dapat didaur ulang sehingga ramah lingkungan,
·         Tidak bisa diserang oleh serangga,
·         Sulit terbakar atau tersulut api.
Untuk kekurangan baja ringan ini, diantaranya adalah sebagai berikut:
·         Mudah menyerap panas matahari,
·         Ukuran yang sudah ditentukan sehingga tidak bisa dipotong untuk mengubah ukurannya,
·         Belum diminati semua masyarakat di Indonesia,
·         Untuk rumah ramah energi, efektivitasnya akan berkurang,
·         Butuh waktu lama untuk mendapatkan baja yang sesuai dengan keinginan Anda.
Demikianlah penjelasan serta harga besi dan baja ringan yang mungkin perlu Anda ketahui. Jika Anda memiliki kondisi finansial yang cukup baik, alangkah tepat sekali jika Anda memilih kedua produk di atas dengan harga yang sedikit lebih mahal agar kualitas material terjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar