Jumat, 14 Februari 2020

Tips Mengelola Bonus Tahunan, Ini yang Perlu Dilakukan


Kuartal pertama tahun baru bisanya karyawan sebuah perusahaan mendapatkan kabar baik dengan turunnya bonus sebagai buah dari kerja keras selama satu tahun.


Sayangnya masih banyak yang bingung bagaimana cara menggunakan bonus agar tidak menguap begitu saja. Terlebih bagi mereka yang punya tanggungan untuk membayar pinjaman uang.
Bonus sebenarnya merupakan upah kerja keras yang diharapkan bisa memotivasi kinerja di tahun berikutnya. Sehingga tidak berlebihan jika sebagian orang menggunakannya untuk hal yang bersifat konsumtif seperti liburan, upgrade gadget baru, serta kesenangan lainnya.
Tetapi, ada langkah yang harus dipertimbangkan agar penggunaannya lebih bijak. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menerima bonus tahunan.
Bonus bukan penghasilan tetap
Berbeda dengan gaji bulanan ataupun uang THR yang diterima dengan jumlah yang tetap atau bisa diperkirakan sebelumnya. Bonus umumnya dihitung berdasarkan performa karyawan. Semakin tinggi performanya semakin besar pula bonusnya.
Tetapi, ada juga bonus yang disesuaikan dengan keuntungan perusahaan. Artinya jumlahnya memang tidak bisa diprediksi. Itulah mengapa penggunaannya harus dikelola dengan bijaksana. Jangan sampai digunakan untuk liburan tetapi karena kurang jadi harus mengajukan lagi pinjaman uang. 
Cara tersebut jelas kurang bijaksana karena terkesan memaksakan kehendak dibandingkan dengan kemampuan finansial yang ada. 
Meskipun sebenarnya saat ini ada beberapa jenis pinjaman uang yang memang bisa digunakan untuk membayar tagihan selain untuk digunakan sebagai sumber dana untuk kebutuhan lainnya seperti yang ditawarkan oleh Kredivo.
Kredivo bisa juga dimanfaatkan untuk membayar tagihan bulanan seperti pulsa telpon, pembayaran handphone pascabayar, pembelian token listrik, PDAM, iuran BPJS Kesehatan, tanpa ada bunga sama sekali jika dibayarkan dalam waktu 30 hari.
Keuntungan lain yang diberikan, Kredivo memberikan layanan pinjaman uang dengan kredit limit hingga Rp30 juta bagi pengguna akun premium. Tenor cicilan juga fleksibel mulai dari 3 dan 6 bulan dengan bunga 2,95 persen per bulannya tanpa ada jaminan. 
Kredivo sudah terdaftar secara resmi di OJK dengan nama PT FinAccel Digital Indonesia dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018. Sehingga memiliki legalitas yang jelas sebagai fintech tepercaya dan memberikan info produk yang transparan..
Tentukan tujuan yang jelas
Inilah pentingnya menentukan tujuan yang jelas bagaimana kita memperlakukan bonus. Sekalipun boleh digunakan untuk hal yang bersifat menyenangkan pribadi tetapi proporsinya harus seimbang.
Misalnya 60 persen untuk kesenangan pribadi, 20 persen untuk membantu membayar utang, sedangkan 20 persen sisanya bisa dimanfaatkan untuk hal yang lain seperti menambah tabungan ataupun investasi. 
Sisakan bonus untuk liburan
Bonus tetap boleh digunakan untuk liburan. Tetapi harus diukur juga apakah biaya liburan sudah bisa ditutupi dengan setengah dari bonus yang didapatkan atau tidak. 
Jika ternyata bonus yang didapatkan belum cukup untuk biaya liburan, cobalah untuk mengalihkan tujuan liburan dengan bujet yang sesuai sehingga tetap bisa memanfaatkannya dengan langkah yang bijak.
Bonus untuk bayar utang atau investasi?
Untuk dua hal antara utang dan investasi tentu saja harus mendahulukan kewajiban. Apalagi jika sudah mendekati jatuh temponya. Apalagi jika utang yang dimiliki adalah utang konsumtif. Pasalnya bunga utang konsumtif lebih besar dibandingkan bunga produktif. 
Sehingga jika kita punya utang konsumtif, akan lebih baik jika menggunakan bonus yang didapatkan untuk membayarkannya terlebih dahulu. Syukur-syukur sudah bisa dilunasi dengan bonus yang didapatkan. Secara tidak langsung akan membantu meringankan beban bulanan dari anggaran yang sudah disisihkan untuk cicilan. 
Ujungnya tetap sama saja karena nantinya anggaran yang tadinya disiapkan untuk membayar cicilan kini bisa lebih leluasa dialokasikan untuk kebutuhan lain. Dengan begitu, manfaat bonus benar-benar dirasakan utamanya untuk mengatur ulang alokasi bujet bulanan yang lebih baik di masa mendatang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar