Kamis, 27 Februari 2020

Beberapa Kelebihan Belanja Karbol Melalui E – Commerce


Untuk pertama kalinya E-Commerce diperkenalkan pada tahun 1994 ketika pertama kalinya digunakannya banner elektronik untuk tujuan promosi dan periklanan disebuah halaman website. Tetapi  seiring dengan berjalannya waktu, istilah perdagangan elektronik ini telah berubah. 


Perdagangan elektronik ini pada awalnya berarti pemanfaatan transaksi komersial seperti digunakanya EDI untuk mengirimkan dokumen komersial seperti pesanan pembelian ataupun invoice secara elektronik. Di E-Commerce juga akan dilibatkannya aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektorik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem pengolahan data inventory yang memang dilakukan dengan menggunakan sistem komputer apapun jaringan komputernya dan yang lainnya. 

E-Commerce didalam teknologi informasi bisa dikategorikan sebagai bagian dari E – Business. Dimana E – Bussines ini memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis kegiatan yang lainnya seperti salah satunya dalam kegiatan belanja. Lalu apa yang menjadi kelebihan belanja karbol di E – Commerce? Berikut dibawah ini beberapa kelebihan belanja melalui E – Commerce diantaranya yaitu : 

  1. Belanja 24/7
Manfaat digunakan E – Commerce ini adalah para konsumen akan sangat terbantu untuk melakukan pengecekan, perencanaan, ataupun langsung melakukan pembelian, ataupun pemesanan jasa, ataupun pemesanan  barang dari usaha tertentu. Akan berbeda halnya dengan toko offline yang hanya akan buka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam saja. Toko Online ini akan selalu terbuka untuk pengecekan dan pembelian 24 jam selama 7 hari atau non stop. 

2.                   Menghemat Waktu

Para konsumen juga pastinya bisa menghemat waktu mereka ketika berbelanja melalui E – Commerce. Untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkannya, mereka tidak harus datang ke tokonya secara langsung. Mereka cukup membuka sebuah website lalu mengecek barang dan memesan barang yang diinginkan. Setelah itu kamu tinggal melakukan pembayaran dan tunggu barang yang dibeli dikirim ke rumah.

3.                   Bisa Mendapatkan Barang Atau Jasa Yang Lebih Murah 

Manfaat yang benar benar akan dirasakan oleh setiap konsumen ketika belanja melalui  E – Commerce adalah bisa didapatkannya barang atau jasa dengan harga yang lebih murah. Hal tersebut terjadi karena pemanfaatan E – Commerce ini bagi sebuah perusahaan adalah bisa mengurangi biaya operasional sehingga mereka mampu menawarkan harga yang lebih murah. 

4.                   Konsumen Dapat Membandingkan Lebih Akurat 

Dengan adanya  E – Commerce terlebih yang berbasis online, maka konsumen bisa membandingkan lebih banyak produk secara bersamaan, lalu tinggal klik dan klik. Akan berbeda ketika belanja di toko biasa, dimana kamu harus berjalan terlebih dahulu ke beberapa tempat sekaligus terlebih yang berbeda tokonya. Tetapi melalui E – Commerce ini kamu hanya perlu membuka komputer lalu mengecek berbagai harga barang yang tersedia di beberapa toko online, kamu bisa mencari yang paling murah tanpa harus berpindah tempat. 

5.                   Pembeli Lintas Wilayah 

Dengan adanya E – Commerce ini juga kamu bisa membeli barang atau jasa dari luar negeri, tanpa harus pergi keluar negeri tempat barang atau jasa tersebut berada. Pastinya manfaat E – Commerce yang satu ini sangat mengasyikan. Sebagai contoh kamu bisa memesan sepatu Nike Super Original dari USA tanpa harus pergi ke Amerika. 

Ternyata di Indonesia sendiri tersedianya banyak kesempatan bagi bisnis E – Commerce jika dibandingkan dengan negara Asia yang lainnya. Ditahun 2018 saja proyeksi memperlihatkan jika E – Commerce di Tanah Air akan mencapai nilai US$ 130 miliar pada tahun 2020. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar