Selasa, 18 Februari 2020

Cara Ternak Burung Lovebird yang Memiliki Banyak Keuntungan

burung loverbird memiliki suara yang bagus,  tidak heran jika burung tersebut menjadi salah satu usaha yang memiliki banyak keuntungan. Hal ini dikarenakan banyak diadakannya perlombaan kicau burung yang membuat peminatnya semakin banyak. Selain itu, harga jualnya pun bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan untuk burung yang berumur dibawah 1 tahun. Maka dari itu, semakin hari semakin banyak yang memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha yang menguntungkan.



Inilah Cara Ternak Lovebird yang Diminati Banyak Orang
  1. Menyesuaikan modal
Hal utama yang harus diperhatikan sebelum memelihara lovebird adalah menyesuaikan modal yang dimiliki. Hal ini dilakukan untuk menghindari dari pengeluaran yang menjadi membengkak karena kurangnya perhitungan. Jika Anda baru ingin memulai usaha ini, beli sepasang dahulu untuk dikembangbiakkan.

  1. Menyiapkan kandang
Cara ternak lovebird yang kedua adalah menyiapkan kandang yang akan digunakan. Kandang yang digunakan juga sederhana saja. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah dalam kandang harus tersedia tempat untuk meletakkan makanannya dan minum. Selain itu buat tangkringan dalam kandang. Kandang ini pun juga banyak dijumpai di toko burung dengan harga yang terjangkau. Selain menyiapkan kandang untuk menjodohkan burung tersebut, Anda juga harus menyiapkan tempat untuk betina bertelur dan mengerami atau istilahnya bernama glodok.

  1. Memilih indukan terbaik
Cara ini sangat penting dilakukan agar ternak lovebird berhasil. Anda bisa lebih teliti dalam memilih indukan agar tak merasa dirugikan nantinya. Pilihlah indukan yang sehat dan tidak cacat secara fisik. Anda bisa melihat dari fisik dan aktivitasnya yang aktif menandakan indukan tersebut sehat. Untuk memaksimalkan produksi, pilih indukan yang telah berusia diatas 1 tahun karena di usia tersebut burung sudah siap untuk bereproduksi. Tidak hanya itu, Anda juga memastikan jika kedua induk memiliki jenis kelamin jantan dan betina.

  1.  Menjodohkan
Hal ini adalah yang paling pokok yang harus Anda lakukan. Anda bisa meletakkan si jantan dan betina di kandang bulat yang berbeda, lalu letakan kandang secara berjejeran selama beberapa hari. Hal ini dilakukan untuk menghindari perkelahian kedua burung. Jika kedua burung sudah saling kenal dan saling mendekati, itu tandanya keduanya cocok. Setelah itu, satuan kedua lovebird dalam 1 kandang. Jika berhasil maka bisa dilihat dari aktivitasnya yang tidur berdampingan. Jika sudah, kedua induk ini bisa dipindah ke dalam 1 kandang kotak untuk diternakan.

  1. Pemberian pakan dan nutrisi
Selain makanan utama seperti milet dan canary seed yang diberikan kepada lovebird harus berkualitas, Anda juga harus memberikan nutrisi tambahan seperti vitamin dan ekstra food lain. Hal ini dikarenakan nutrisi tersebut berfungsi untuk mencegah dari berbagai penyakit. Berikan makanan dan nutrisi dengan porsi yang sesuai.

Beberapa cara tersebut bisa Anda praktekkan untuk beternak burung lovebird. Selain mudah dan sederhana, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Beternak burung tersebut dengan cara yang tepat bisa Anda jadikan mata pencaharian yang menguntungkan.

Referensi : Muraisuper

Tidak ada komentar:

Posting Komentar