Selasa, 08 Juli 2014

TEORI KESETIMBANGAN KIMIA

Kesetimbangan tetapan adalah bilangan yang menyatakan hubungan antara konsentrasi zat yang bereaksi dan konsentrasi zat hasil reaksi dari suatu reaksi kimia dalam keadaan setimbang. Waktu untuk mencapai kesetimbangan berbeda dari suatu reaksi ke reaksi lain. Ada reaksi yang mencapai kesetimbangan begitu zat-zat pereaksinya dicampurkan, misalnya : Fe3+(aq) + SCN-(aq) ↔ FeSCN2+(aq). Akan tetapi, ada banyak reaksi yang memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai
 TEORI KESETIMBANGAN KIMIA

kesetimbangan, misalnya reaksi gas nitrogen dengan gas hydrogen membentuk ammonia. Cepat atau lambatnya suatu reaksi mencapai kesetimbangan bergantung pada laju reaksinya. Semakin besar laju reaksi, semakin ceapt reaksi mencapi kesetimbangan.
Pada rangkaian percobaan pertama, ada beberapatahapan yang telah diamati, yaitu:
-          tabung I berwarna merah (sangat pekat),
-          tabung II berwarna merah kehitaman (pekat), tabung I lebih pekat,
-          tabung III berwarna hitam pekat (agak pekat),
-          tabung IV berwarna bening, dibandingkan dengan tabung standar yang berwarna merah (sangat pekat).
Pada rangkaian percobaan kedua, tabung I digunakan sebagai standar denga warna hitam pekat (sangat pekat). Sedangkan tabung kedua sampai tabung kelima dilakukan penyeimbangan dengan mengurangi jumlah larutan pada tabung I untuk dibandingkan dengan tabung II hingga intensitas warna larutan semakin pudar dari tabung standar, hingga tabung standar harus dikurangi jumlahnya agar mencapai kesetimbangan. perubahan warna yang semakin pudar dipengaruhi oleh factor pengenceran.
Dari data yang ada, diperoleh nilai tetapan kesetimbangan Ka, Kb, Kc (pada table analog), tamapak bahwa yang hamper mendekati harga konstan adalah Kc. Hasil ini sesuai dengan studi pustaka yang menyebutkan bahwa secara teori nilai Kc yang konstan walaupun ada salah satu data yang nilainya agak jauh. Adapun factor yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam percobaan ini adalah proses pengenceran yang tidak tepat, dan pengujian serta pembandingan intensitas warna antara tabung standar denga tabung kedua sampai tabung kelima yang kurang cermat.

1 komentar:

  1. link ke posting:
    http://tino133.student.unidar.ac.id/2014/07/teori-kesetimbangan-kimia.html

    ulasan yang sangat menarik pak,,
    domino 99 | domino99

    BalasHapus